Informasi

Keuntungan Berkuliah di Sekolah Kedinasan

Spread the love

Bagi para siswa SMA yang akan menghadapi lulusan dan ingin melanjutkan jenjang pendidikan lanjutan dengan berkuliah, akan disibukkan dengan kegiatan memilih universitas atau perguruan tinggi dan berbagai jurusan favorit yang diminati. Dalam memilih universitas atau perguruan tinggi pada dasarnya membutuhkan pertimbangan yang cukup serius agar tidak menjadi mahasiswa yang salah jurusan.

Selain mempertimbangkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit yang kamu incar, kamu juga bisa melihat peluang adanya pilihan untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) atau yang juga sering disebut sebagai sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi negeri yang dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan lembaga pemerintah yang menaungi sekolah kedinasan tertentu akan mendanai sebagian hingga seluruh biaya pendidikan para mahasiswanya.

Pemerintah melalui kementerian terkait menyelenggarakan sekolah kedinasan dengan tujuan untuk memberi kesempatan bagi warga negara Indonesia yang ingin mengabdi pada tanah air dan lulusan dari sekolah kedinasan memang bertujuan untuk disiapkan menjadi tenaga kerja ahli yang dapat memenuhi kebutuhan pemerintah.

Meskipun daya tampung penerimaan mahasiswanya terbilang lebih sedikit jika dibandingkan dengan universitas negeri atau universitas swasta lain di Indonesia, banyak siswa lulusan SMA yang berjuang dengan sungguh – sungguh agar bisa lolos masuk ke sekolah kedinasan sehingga membuat peminat sekolah kedinasan ini terus meningkat tiap tahunnya. Sebagai contoh, PKN STAN di tahun 2018 memiliki jumlah pendaftar hingga 147.702 pendaftar, padahal daya tampung penerimaannya hanya tersedia 7.301 kursi.

Keuntungan Berkuliah di Sekolah Kedinasan

Banyaknya peminat dari siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi kedinasan meskipun daya tampung penerimaan mahasiswanya yang terbilang lebih sedikit jika dibandingkan perguruan tinggi lainnya, tentu karena memiliki alasan. Alasan banyaknya peminat yaitu karena dengan berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan. Berikut ini, beberapa keuntungan yang dapat kamu terima dengan berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan.

  1. Biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau dan bahkan gratis

Keuntungan pertama yang bisa kamu terima saat berkuliah di perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan adalah biaya pendidikan yang lebih terjangkau jika dibandingkan universitas atau perguruan tinggi lain, dan bahkan beberapa sekolah kedinasan memberikan biaya pendidikan yang sepenuhnya gratis.

PTK atau sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dinaungi dan dikelola oleh lembaga pemerintah terkait sehingga beban biaya pendidikan akan ditanggung oleh lembaga pemerintahan yang menaungi. Ada yang menanggung biaya pendidikan sebagian dan ada yang menanggung secara keseluruhan biaya pendidikan dari awal hingga lulus. Bahkan, sejumlah PTK atau sekolah kedinasan juga menyediakan asrama sebagai tempat tinggal para mahasiswa selama masa pendidikan dan juga uang saku bagi mahasiswa.

  1. Jaminan prospek kerja di masa depan

Keuntungan dengan berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan selanjutnya adalah kamu akan memiliki jaminan prospek kerja setelah kamu lulus. Para lulusan PTK atau sekolah kedinasan akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN pada lembaga yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Hal ini dikarenakan peserta didik di sekolah kedinasan memang sengaja disiapkan untuk menjadi kader dalam lembaga terkait yang menaungi sekolah kedinasan tersebut. Itulah mengapa tiap sekolah kedinasan memiliki kurikulum belajar dan program pendidikan yang disesuaikan dengan lembaga pemerintahan yang menaungi agar lulusannya siap untuk menjadi kader di lembaga pemerintahan terkait.

  1. Pelatihan kemampuan khusus

Saat kuliah di PTK atau sekolah kedinasan, peserta didik tidak hanya akan diberikan materi belajar akademik, namun juga akan diberikan materi pembelajaran yang berfokus pada penerapan ilmu di dunia kerja khususnya di lembaga pemerintahan. Peserta didik akan banyak dibekali ilmu soft skill seperti kedisiplinan yang tinggi, rasa tanggung jawab, komitmen, dan cinta tanah air yang bisa dikembangkan saat kamu berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan.

  1. Relasi yang luas

Keuntungan dari berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan selanjutnya yaitu peluang memiliki relasi yang luas. Sekolah kedinasan memiliki banyak peminat dari para siswa lulusan SMA yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga secara tidak langsung, kamu bakal memiliki banyak teman yang menjadi relasimu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, setelah kamu lulus, dengan adanya jaminan prospek kerja yang biasanya penempatan kerja pertamamu bukan berada di daerah asalmu. Hal itu secara tidak langsung akan bermanfaat saat kamu memiliki relasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat kamu berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan dan keuntungan – keuntungan tersebut merupakan alasan begitu banyaknya peminat yang ingin lolos masuk untuk berkuliah di PTK atau sekolah kedinasan.