Informasi

Tahapan dan Persiapan Tes PKN STAN

Spread the love

PKN STAN sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan terbaik di Indonesia. Banyak lulusan SMA yang memiliki tujuan untuk dapat masuk sekolah kedinasan ini dan melakukan berbagai cara agar dapat mengikuti tes masuk dan lulus, mulai dari mempelajari materi – materi tes hingga mengikuti bimbel STAN.

Minat yang tinggi di kalangan para siswa lulusan SMA untuk bisa berkuliah di PKN STAN salah satunya karena PKN STAN memberikan prospek masa depan yang terjamin. Lulusan dari sekolah kedinasan ini bisa langsung ditempatkan bekerja sebagai PNS di Lembaga Pemerintahan terkait, yaitu Kementerian Keuangan.

Untuk bisa lolos tes masuk dan selanjutnya berkuliah di PKN STAN bisa dibilang tidaklah mudah. Selain harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya dari berbagai daerah di Indonesia yang juga memiliki cita – cita untuk bisa menuntut ilmu di PTK atau sekolah kedinasan ini, kamu juga harus menguasai materi dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes masuk PKN STAN.

Jika berhasil lolos tes masuk dan akhirnya berkuliah di sekolah kedinasan ini, kamu tidak akan dipungut biaya pendidikan. Bahkan setelah nantinya kamu lulus, kamu akan ditempatkan untuk bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan dan otomatis kamu menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Dengan peluang prospek kerja yang terjamin, hal tersebut membuat PKN STAN banyak diminati oleh calon mahasiswa lulusan SMA di berbagai daerah di Indonesia.

Gaji lulusan PKN STAN yang ditempatkan bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan pun terbilang tinggi karena disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang memberikan beberapa tunjangan dan insentif yang juga lumayan besar. Hal itulah yang menjadi alasan PKN STAN sebagai sekolah kedinasan yang menjadi tujuan favorit banyak siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dengan mengikuti tes masuk PKN STAN.

Bagi kamu para siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di PKN STAN, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Salah satu tahap awal yang sangat penting adalah melakukan pendaftaran secara resmi melalui situs resmi PKN STAN dan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan, kamu harus melalui tahapan selanjutnya yaitu mengikuti ujian seleksi masuk PKN STAN.

Sebelum mengikuti tes atau ujian masuk, kamu juga perlu mempersiapkan secara matang karena ada dua jenis tes atau ujian masuk yang harus kamu lewati, yaitu ujian atau tes tertulis dan ujian atau tes wawancara. Kedua ujian tersebut harus kamu persiapkan dengan matang dan sungguh – sungguh agar bisa lulus dan selanjutnya menempuh pendidikan di PKN STAN.

Persiapan Masuk PKN STAN

Memasuki tahun ajaran baru setiap tahunnya PKN STAN membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa dan mahasiswi baru. Melanjutkan kuliah di PKN STAN menjadi cita – cita banyak pelajar lulusan SMA karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak ditemukan di tempat lain, di antaranya adalah biaya pendidikan yang gratis karena ditanggung oleh lembaga pemerintahan yang menaungi dan juga jaminan prospek kerja setelah lulus kuliah.

Oleh karena itu, para siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah, berbondong – bondong mendaftarkan diri dan berupaya keras agar dapat lolos tes atau ujian seleksi masuk STAN. Untuk bisa lulus ujian atau tes masuk PKN STAN, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Salah satu cara mempersiapkan diri yaitu dengan mengikuti bimbingan belajar STAN.

Dengan bekal mengikuti bimbel STAN, maka kamu akan dapat melalui setiap ujian dan proses seleksi dengan baik. Soal – soal dalam tes atau ujian tertulis PKN STAN dapat kamu selesaikan dengan maksimal karena bimbingan belajar STAN memberikan soal latihan dan materi – materi yang akan diuji dalam tes masuk PKN STAN.

Manfaat terpenting saat kamu mengikuti bimbingan belajar STAN yaitu meningkatkan peluang untuk lolos dan diterima di sekolah kedinasan tersebut. Biaya untuk mengambil kelas di bimbingan belajar STAN mungkin dapat dibilang relatif mahal, namun hal tersebut merupakan salah satu langkah investasi yang akan memberikan hasil yang manis saat kamu diterima di sekolah kedinasan ini.

Persyaratan Masuk PKN STAN

Berikut ini, beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin masuk PKN STAN. Persyaratannya antara lain:

  • Lulusan SMA, SMK atau sederajat tahun ajaran baru
  • Nilai ujian sekolah rata-rata minimal 70 dengan patokan nilai 100
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun
  • Bebas narkoba atau NAPZA
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Belum menikah dan tidak menikah selama proses menjalani pendidikan
  • Khusus laki-laki, tinggi badan minimal 165 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm
  • Tidak buta warna
  • Tidak memiliki cacat
  • Membayar uang pendaftaran biaya sekaligus ujian Seleksi Keterampilan Dasar sebesar 300 ribu rupiah

Dokumen yang Diperlukan dan Dipersiapkan Untuk Masuk PKN STAN

Setelah mengetahui persyaratan yang harus kamu penuhi untuk masuk PKN STAN, kamu juga perlu mengetahui dokumen yang dibutuhkan dan dipersiapkan. Berikut ini dokumen yang perlu kamu siapkan untuk masuk PKN STAN.

  • Akta kelahiran
  • Ijazah SD
  • Ijazah SMP
  • Ijazah SMA
  • KTP atau identitas diri
  • Kartu Keluarga
  • Kartu Nomor Induk Siswa Nasional
  • Surat rekomendasi dari sekolah

Pelajaran dan Materi yang Harus Dikuasai Untuk Masuk PKN STAN

Mata pelajaran yang harus kamu kuasai untuk masuk PKN STAN di antaranya adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia karena keduanya merupakan program studi yang dijadikan materi dalam tes atau ujian tertulis seleksi masuk PKN STAN. Jika kamu bisa menjawab soal – soal yang menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik, kamu akan berpeluang besar untuk lolos seleksi tes atau ujian masuk PKN STAN.

Untuk materi tes atau ujian masuk PKN STAN sendiri, terdiri dari soal Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan soal – soal tes potensi. Materi tersebut diketahui berlaku sejak tahun 2019. Jumlah soal dalam ujian atau tes tertulis mata pelajaran Bahasa Inggris berjumlah 60 soal, sedangkan soal tes potensi berjumlah 120 soal yang harus kamu selesaikan dengan baik dan benar.

Secara umum, materi soal – soal tes atau ujian yang keluar tidak jauh berbeda dengan materi pada soal – soal tes atau ujian masuk di tahun – tahun sebelumnya. Kamu bisa mempelajari materi soal – soal ujian atau tes tertulis tersebut melalui buku tentang cara pembahasan soal – soal tertulis PKN STAN yang banyak tersedia atau dengan cara mengikuti bimbingan belajar STAN yang akan memberi latihan materi soal – soal ujian atau tes tertulis masuk PKN STAN.

Itulah beberapa tahapan tes masuk PKN STAN dan beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk bisa masuk PKN STAN mulai dari dokumen, materi, hingga cara belajar materi dengan mengikuti bimbel STAN.