Informasi

6 Jurusan PKN STAN Paling Diminati

Spread the love

PKN STAN merupakan salah satu kampus kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan, setiap tahun kampus ini memiliki ribuan calon mahasiswa baru, bahkan pada tahun 2022 jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar sebanyak 22.895.

Oleh karena itu untuk bisa memasukinya kita perlu bersaing dengan ribuan orang tersebut. Ada 6 jurusan PKN STAN yang paling diminati dan diincar oleh ribuan pendaftar. Adapun ke 6 jurusan tersebut akan di bahas pada artikel ini.

6 Jurusan Paling Banyak Peminat Di PKN STAN

Seperti halnya kampus lainnya, PKN STAN juga memiliki beberapa jurusan yang menjanjikan. Akan tetapi ada 6 jurusan yang paling banyak peminat dan pesaingnya. Adapun 6 jurusan PKN STAN yang paling diminati, di antaranya ialah:

  1. Pajak

Jurusan pertama yang paling banyak peminatnya ialah pajak, dimana pajak masuk ke dalam jurusan terfavorit sehingga untuk masuk jurusan ini kita perlu bersaing dengan banyak orang. Jurusan ini lebih memfokuskan dalam penyelenggaraan pendidikan khusus mengenai perpajakan. Keberadaan jurusan pajak ini sangat penting dalam ketatanegaraan karena pajak dapat mengikat seluruh warga negara Indonesia, sehingga harus dikelola dengan sebaik mungkin oleh pemerintah Indonesia.

  1. Manajemen Aset

Selain pajak, jurusan yang paling menjadi favorit ialah jurusan manajemen aset. Akan tetapi jurusan ini hanya tersedia untuk program Diploma saja. Jurusan ini terkenal dengan jurusan Hukumnya STAN, hal ini karena mahasiswanya akan lebih sering berkutat dengan mata kuliah hukum terutama menyangkut topik yang berkaitan dengan masalah hutang piutang, lelang negara, penilaian aset, serta properti.

  1. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan ini termasuk satu-satunya jurusan di STAN yang melangsungkan pendidikan semi militer, sehingga peserta didiknya ialah laki-laki yang akan dilatih dan dibimbing menjadi ahli serta nantinya bertugas di berbagai pelabuhan ataupun perbatasan yang ada di Indonesia.

  1. Penilai atau pajak bumi bangunan

Jurusan pajak bumi dan bangunan ini ialah termasuk ke dalam jurusan yang paling favorit di PKN STAN. Secara garis besar jurusan ini nantinya akan mempelajari banyak mata kuliah. Adapun mata kuliahnya mulai dari ilmu untuk mengukur tanah, pemetaan, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, manajemen properti sampai dengan ilmu perencanaan kota.

  1. Kebendaharaan Negara

Jurusan di PKN STAN yang juga paling banyak peminat ialah kebendaharaan negara. Jurusan ini nantinya akan belajar mengenai berbagai materi kuliah yang lebih terfokus kan pada mengurus keuangan negara. Jurusan ini nantinya akan terdiri dari banyak materi kuliah yang dipelajari, mulai dari materi hukum keuangan negara, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

  1. Akuntansi

Jurusan terakhir yang paling banyak peminatnya di PKN STAN ialah jurusan akuntansi. Pada jurusan ini mahasiswa akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu akuntansi serta penerapannya tentunya dalam bidang pemerintahan.

Tips Memilih Jurusan Di PKN STAN

Setelah mengetahui 6 jurusan yang paling diminati di STAN, selanjutnya kita perlu memilih jurusan yang sesuai dengan kita. Adapun beberapa tips dalam memilih jurusan di antaranya ialah:

  • Memilih jurusan yang paling disukai

Dalam memilih jurusan kita perlu memilih jurusan yang paling disukai. Hal ini dikarenakan mempelajari sesuatu yang disukai akan lebih menyenangkan dan mudah masuk jika dibandingkan dengan mempelajari pelajaran yang tidak disukai atau karena paksaan. Meskipun jurusan yang kita sukai merupakan jurusan yang sulit, akan tetapi karena ada rasa suka mempelajarinya maka dapat meminimalisir kesulitan tersebut.

  • Memilih jurusan sesuai dengan kemampuan

Selain memilih jurusan yang disesuaikan dengan kesukaan, kita juga perlu memilih jurusan yang disesuaikan dengan kemampuan kita. Di STAN ada beberapa yang memerlukan kemampuan akademik ada juga yang memerlukan kemampuan fisik. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan pilihan kita sesuai dengan kemampuan kita.

  • Mempertimbangkan dari tingkat pendidikan

Tips selanjutnya dalam memilih jurusan ialah dengan mempertimbangkan tingkat pendidikannya. Adapun tingkat pendidikan di STAN hanya D1, D3, dan D4, sehingga kita bisa memilih jurusan berdasarkan tingkat pendidikan yang kita inginkan.

Untuk D1 masa pendidikannya hanya 1 tahun, D3 memerlukan waktu 3 tahun, sedangkan D4 setara dengan S1 yang memerlukan waktu pendidikan selama 4 tahun. Peluang untuk bekerja yang paling banyak ialah D3 dan D4. Oleh karena itu ketika memilih jurusan kita perlu memperhatikan hal-hal tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa informasi terkait dengan 6 jurusan PKN STAN yang paling diminati serta beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kita. Semoga dengan artikel ini para pembaca khususnya pejuang STAN dapat mengambil manfaat yang ada serta mencoba tips di atas agar bisa menjadi mahasiswa STAN yang telah lama di cita-citakan. Selamat berjuang sampai apa yang dicita-citakan bisa tercapai.