Informasi

Rekomendasi Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia

Spread the love

Sekolah kedinasan saat ini masih menjadi pilihan favorit bagi para siswa setelah lulus SMA dan ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Hal tersebut memiliki alasan selain biaya kuliah yang relatif lebih murah (bahkan gratis) sekolah kedinasan memberikan jaminan masa depan bagi para lulusan yang sangat menjanjikan. Disebut sebagai sekolah yang menjamin masa depan karena sekolah kedinasan memiliki ikatan dinas, sehingga para lulusan akan lebih mungkin untuk melanjutkan karier di instansi pemerintahan yang sesuai dengan ikatan instansi yang menaungi perguruan tingginya

Menurut definisinya, sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang disediakan atau diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan dan memiliki ikatan dinas dengan lembaga terkait, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, dan lembaga atau instansi pemerintahan lainnya. Lembaga pemerintahan yang menjadi penyelenggara atau menaungi sekolah tersebut umumnya akan membiayai dana pendidikan sebagian dan bahkan keseluruhan dana pendidikan bagi para mahasiswa di sekolah tersebut. Di sekolah kedinasan, bidang ilmu yang dipelajari sebagian besar merupakan bidang ilmu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

Rekrutmen untuk sekolah kedinasan juga merupakan salah satu dari sebagian rangkaian seleksi rekrutmen aparatur sipil negara atau ASN melalui jalur ikatan dinas. Maka dari itu, penting untuk diperhatikan setiap pelamar yang ingin mendaftar di sekolah kedinasan setelah lulus SMA untuk memahami seputar sekolah kedinasan yang diinginkan.

Kamu bisa memilih tujuan sekolah kedinasan yang sesuai dengan minat, misalnya STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) yang mana sekolah tersebut akan berfokus pada bidang ilmu yang mempelajari perkembangan teknologi informasi. Contoh lain, misalnya STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang mana merupakan salah satu sekolah kedinasan yang ada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN), lalu STAN yang memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Keuangan, dan contoh sekolah kedinasan lainnya.

Rekomendasi Sekolah Kedinasan

Bagi para siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di sekolah kedinasan, berikut ini daftar rekomendasi beberapa sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan setelah kamu lulus SMA.

  1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Rekomendasi sekolah kedinasan yang pertama yaitu PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN). PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan dan menyediakan jenjang pendidikan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. PKN STAN dulu dikenal dengan nama STAN yang kemudian di tahun 2015, secara resmi STAN berganti nama menjadi PKN STAN. Lokasi sekolah kedinasan ini tepatnya di Bintaro Jaya, Banten.

PKN STAN memiliki 4 pilihan jurusan, antara lain:

  1. Jurusan Akuntansi (D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi)
  2. Jurusan Pajak (D-III Pajak, D-III PBB/Penilai, dan D-I Pajak)
  3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai (D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai)
  4. Jurusan Manajemen Keuangan (D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara)
  5. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara. STIN sendiri memiliki tujuan dalam menyelenggarakan pendidikan akademik yang khusus di bidang ilmu intelijen serta dapat menyelenggarakan pendidikan profesi yang sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan. STIN memiliki program pendidikan jenjang S1 dengan dua pilihan jurusan, Agen Intelijen dan Analisis Intelijen.

  1. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang diselenggarakan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. IPDN sendiri terdapat di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat hingga Papua.

Terdapat dua fakultas yang ada di IPDN yaitu:

  1. Fakultas Politik Pemerintahan dengan pilihan jurusan Program Studi Kebijakan Pemerintahan dan Program Studi Politik Pemerintahan.
  2. Fakultas Manajemen Pemerintahan dengan pilihan jurusan Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Studi Manajemen Pemerintahan, Program Studi Kebijakan Pemerintahan, Program Studi Manajemen Keuangan, dan Program Studi Manajemen Pembangunan.
  3. Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau STIS yang awalnya bernama Akademi Ilmu Statistik atau AIS ini merupakan sekolah kedinasan yang ada di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah yang bertempat di Jakarta Timur ini menawarkan tiga program studi, yaitu:

  1. Program Studi Diploma III Statistika
  2. Program Studi Diploma IV Statistika
  3. Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik
  4. POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau POLTEKIP ini merupakan salah satu sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

POLTEKIP memiliki tiga pilihan program pendidikan yaitu Teknik Pemasyarakatan, Bimbingan Pemasyarakatan, dan Manajemen Pemasyarakatan.

Itulah beberapa rekomendasi sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih setelah lulus SMA.